Persiba Susah Payah Kalahkan PSM

Minggu, 17 Januari 2010 - 17:44 wib

BALIKPAPAN - Persiba Balikpapan kembali memetik kemenangan tipis 1-0 di kandang melawan PSM. Kemenangan ini dicapai Persiba dengan susah payah karena PSM menerapkan pertahanan yang sangat kuat.

Bahkan, stiker Julio Lopez, yang mencetak gol pada babak kedua menit 55, dikawal ketat setiap pergerakannya oleh Fandi Edi. Dengan gol ini, Julio Lopez makin jauh mengoleksi peroelahan gol dengan nilai 9.

Gol semata wayang Persiba di cetak Julio Lopez, setelah mendapat umpan dari Fery Ariwan di sektor kiri pertahanan PSM. "Memang teman-teman belum bisa banyak bergerak karena PSM melakukan pertahanan ketat. Mereka hanya melakukan umpan balik. Sementara di pertahanan ada 8-9 pemain PSM jadi kita sulit tembus. Beruntung Julio bisa memanfaatkan celah," ungkap pelatih Persiba Haryadi, usai pertandingan.

Pelatih PSM Hanafing mengucapkan selamat kepada Persiba yang bisa memetik tiga poin dengan susah payah. "Secara keseluruhan, kedua tim bermain bagus. Kita dengan pemain muda bisa memberikan perlawanan kepada Pesiba. Jadi, tidak mudah Persiba memenangkan pertandingan sore ini," ucap Hanafing.

"Kita sejak awal memang mengawal Julio lopez namun hanya sepersekian detik Julio bisa menjebol gawang Samsidar. Kita kalau punya striker seperti Julio Lopez mungkin bisa menang. Tapi, anak-anak sudah menunjukkan kelasnya bisa memberi perlawanan kepada Persiba," tambahnya.

Peluang kedua tim pada babak pertama belum menghasilkan gol. Hanya tim Persiba lebih banyak memiliki peluang menghasilkan gol. Pada menit 32, sundulan Fery Ariawan dari tendangan bebas Julio hampir menjebol gawang Samsidar, namun bola tipis diatas mistar PSM.

Pada menit 45, melalui pemain sayap Edy Gunawan bekerjasama dengan Sultan Samma, bola liar yang diumpan ke tengah kotak penalti tidak bisa dimanfaatkan pemain Persiba.

Sedangkan peluang PSM pada babak pertama terjadi di menit 17, di luar kotak penalti, Syamsul Chaeruddin melakukan tembakan langsung namun ditepis Made Irawan. Bola liar dimanfaatkan oleh Fadli M, namun dengan mudah ditangkap Made. Kedudukan 0-0 berakhir pada babak pertama.

Dibabak kedua, PSM bermain lebih agresif setelah striker Cristian Carasco asal Paraguay digantikan pemain U-21 PSM M Taqwa Iklas yang lebih lincah dan agresif. Beberapa kali jantung pertahanan Mijo Dadic dibuat repot oleh kelincahannya.

Peluang emas PSM terjadi pada menit 82 melalui tendangan bebas kapten Syamsul Chaeruddin, sundulan pemain persiba tidak bisa dimanfaatkan Asri Akbar dan Taqwa Ikhlas yang berada di dalam kotak penalti. First strike Asri Akbar hanya menghasilkan bola keluar.

Pertandingan yang dipimpin wasit Jimmy Napitupulu, meski banyak diwarnai pelanggaran kedua tim, namun hanya satu kartu kuning diberikan pada Hendri Njobi di babak kedua.

0 komentar:

Posting Komentar